Biografi penyayi Rossa

Nama asli : Sri Rossa Roslaina Handiyani
Tanggal lahir : 09 Oktober 1978 
Lahir di : Sumedang, Jawa Barat, Indonesia 
Zodiac : Libra 
Terkenal sejak merilis single “Nada-Nada Cinta” (1996)

 
 Penyanyi bernama lengkap Sri Rossa Roslaina Handiyani, atau yang akrab disapa Rossa, lahir di Sumedang, 9 Oktober 1978. Wanita jobolan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia ini merupakan anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Ukas Hasan Irawan dan Eni Kusmiani. 

Rossa mewarisi bakat menyanyi yang sudah ia tunjukkan sejak kecil dari ibunya. Bahkan menginjak usia 10 tahun, Rossa sudah merilis sebuah album anak-anak berjudul “Untuk Sahabatku” (1988). Namun album tersebut gagal menyedot perhatian publik. 

Nama Rossa melambung ketika ia merilis album dewasa pertamanya yang bertajuk “Nada Nada Cinta” (1996). Album yang mengusung single dengan judul yang sama, “Nada Nada Cinta” (!1996), meraih kesuksesan luar biasa dengan penjualan mencapai 750 ribu copy. Hal ini membuat “Nada Nada Cinta” disemati Diamond Award yang setara dengan 10 kali Platinum Award. 

Album kedua Rossa, “Tegar” (2000), resmi dirilis. Single “Tegar” (2000) yang menjadi andalan pun sukses membawa Rossa sebagai “Most Favorite Female Artist” di ajang penghargaan “MTV Indonesia Awards 2000”. 

Respon positif publik membuat Rossa terus eksis di industri musik Indonesia dengan merilis beberapa album selanjutnya, yaitu “Kini” (2002), “Kembali” (2005) dan “Yang Terpilih” (2007). Album “Yang Terpilih” memuat lagu-lagu lama Rossa yang ia nyanyikan kembali dengan aransemen baru. Album ini mendapat respon hangat sampai ke negeri Jiran, Malaysia. 

Rossa merilis album “Yang Terpilih” di Malaysia pada Mei 2007. Rilisnya album tersebut di Malaysia membawa lagu Rossa sebagai pemenang kategori “Lagu Bahasa Melayu Terbaik Dipersembahkan Oleh Artis Luar Negara” di ajang “Anugerah Industri Muzik ke-15” tahun 2009. 

Suara emas Rossa mendapat kepercayaan dari Melly Goeslaw untuk membawakan lagu ciptaannya sebagai original soundtrack di film “Ayat-Ayat Cinta” (2008). Seakan tak mau berhenti berkarya, Rossa meneruskan karirnya dengan merilis album self-titled, “Rossa” (2009), “Harmoni Jalinan Nada & Cerita” (2010) dan “The Best of Rossa” (2011). 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s